Thursday, May 17, 2012

Cara Menghemat Listrik

Cara Menghemat Listrik

cara-hemat-listrikSelain mengikuti anjuran PLN, menghemat pemakaian listrik pun bisa membantu menekan tagihan listrik. Dilansir DotComWomen
Berikut ini cara memakai alat elektronik dengan bijak untuk mencegah pemborosan listrik.
  1. Kontrol penggunaan gadget kecil, seperti charger hp, DVD player, TV, komputer dan lain-lain. Segeralah mencabut aliran listriknya jika sudah tidak digunakan. Meskipun tampak tidak signifikan, pengaruhnya cukup besar dalam tagihan listrik.
  2. Gunakan lampu neon bukan lampu pijar. Lampu neon tidak hanya membantu menghemat lisrik, tetapi juga memberikan pencahayaan lebih baik.
  3. Kurangi penggunaan AC. Daripada menggunakan AC, manfaatkan angin alam. Bukalah jendela lebar-lebar agar anginnya dapat masuk hingga ke dalam rumah.
  4. Daya elektrik dari setrikaan cukup besar. Jadi, sebaiknya, menyetrikalah seminggu sekali untuk penghematan.
  5. Operasikan AC dalam suhu minim untuk menghemat daya. Jika biasanya Anda mengatur suhu 16 atau 20, sebaiknya ubah suhu AC menjadi 25 derajat celcius. Ini merupakan suhu yang ideal dan tidak boros dalam pemakaiannya.
  6. Gunakan alat elektronik modern yang berlabel ‘hemat energi’. Ini akan membantu Anda dalam penghematan listrik.
  7. Jangan sering membuka pintu kulkas atau oven jika tidak perlu. Alat elektronik ini akan menarik daya listrik ketika pintunya dibuka.
  8. Selalu mengontrol meteran listrik. Jika Anda memeriksanya secara berkala, maka Anda akan mengetahui jika ada kebocoran energi listrik.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment